Friday 5 July 2019

Lihat 11 Hewan Unik Di Selandia Baru

Selandia Baru adalah rumah bagi beberapa satwa liar paling luar biasa yang pernah Anda lihat. Burung asli, hewan laut, serangga, mamalia - ada banyak makhluk luar biasa yang bisa ditemukan. Berikut adalah spesies unik 11 yang mungkin Anda temui selama perjalanan ke Selandia Baru.

Burung kiwi

Tidak ada daftar hewan asli Selandia Baru yang akan lengkap tanpa menyebut burung paling terkenal di negara itu. Kiwi (selalu huruf kecil, kecuali jika Anda berbicara tentang manusia) adalah burung kecil yang cukup menarik: tidak dapat terbang, dapat hidup di antara 25 hingga 50 tahun, memiliki bulu seperti rambut, dan memiliki kaki yang kuat tetapi tanpa ekor. Ada lima spesies kiwi yang berbeda dan, karena keberadaan kulturalnya yang kuat, burung terus dilindungi dari kepunahan.

Kiwi bertemu di Rainbow Springs, Rotorua, Selandia Baru | © tara hunt / Flickr

Singa laut Selandia Baru

Bukti arkeologi menunjukkan fakta bahwa singa laut asli pernah ditemukan di sepanjang pantai Selandia Baru, dari Pulau Utara sampai Pulau Stewart dan pulau sub-kutub juga. Sayangnya, penurunan populasi berarti bahwa saat ini mamalia laut yang megah ini sebagian besar berada di wilayah Otago dan Southland dan pulau-pulau sub-kutub. Singa laut jantan berwarna lebih gelap daripada betina dan spesies ini memiliki rentang hidup 25 tahun.

Sea Lion di Cape Saunders, Otago, Selandia Baru | © Rosino / Flickr

Penguin bermata kuning

Dikenal sebagai salah satu spesies penguin paling langka di dunia, hoiho (alias penguin bermata kuning) baru-baru ini mengalami penurunan tajam dalam jumlah sarang yang sebagian besar disebabkan oleh campur tangan manusia di habitat alaminya. Asalkan Anda menjaga jarak yang jelas, Anda dapat melihat burung-burung ini di Semenanjung Banks Pulau Selatan (dekat Christchurch), Pulau Stewart, dan daerah sekitarnya.

Penguin bermata kuning di Harington Point, Otago | © Bernard Spragg / Flickr

Penguin biru kecil

Dengan tinggi 25 inci (9.84 inci), penguin biru kecil Selandia Baru terkenal karena menjadi yang terkecil di dunia. Makhluk kecil ini dulunya sangat umum di seluruh negeri, tetapi banyak yang sejak pindah ke pulau lepas pantai karena predator. Koloni dapat ditemukan di pelabuhan daratan yang terlindung, terutama di Oamaru dan Kepala Taiaroa, meskipun mereka umumnya hanya mendarat ketika malam tiba.

Penguin biru kecil | © Crispin Anderton / Flickr

Kereru

Juga dikenal sebagai merpati kayu Selandia Baru, kereru adalah burung besar dengan rompi putih khas serta bulu hijau berkilau di atas kepalanya. Tidak seperti banyak makhluk yang disebutkan dalam daftar ini, kereru tidak terancam punah - Anda dapat menemukannya di tempat mana pun dengan area berhutan di dekatnya. Sayapnya dikenal karena menghasilkan suara yang sangat keras yang bergema di sepanjang semak asli Selandia Baru.

Kereru di Nga Manu Nature Reserve di Kapiti Coast | © digitaltrails / Flickr

Weta

Weta adalah invertebrata yang luar biasa yang telah ada sejak zaman prasejarah. Makhluk-makhluk ini sangat bervariasi dalam ukuran, tetapi mudah dikenali oleh tubuh panjang mereka, kaki berduri dan taring melengkung. Spesies weta baru terus ditemukan - penemuan terakhir dibuat tepat di bawah 30 tahun yang lalu. Semua mengatakan, ada spesies weta 70 yang dikenal - 16 yang dianggap terancam punah.

Pohon weta | © Sid Mosdell / Flickr

Tuatara

Tidak hanya tuatara binatang yang sepenuhnya unik di Selandia Baru, ia juga merupakan spesies terakhir yang bertahan hidup Sphenodontia - urutan reptil yang berkembang selama masa dinosaurus beberapa 200 juta tahun yang lalu. Untuk menambah sifat mereka yang tidak biasa, tuatara dikenal karena lebih memilih kondisi iklim yang dingin tidak melebihi 25 derajat Celcius (77 derajat Fahrenheit). Karena minat ilmiah, banyak tuatara telah dibesarkan di penangkaran. Di alam liar, mereka ditemukan di berbagai pulau lepas pantai.

Tuatara | © russellstreet / Flickr

Lumba-lumba Maui

Lumba-lumba Maui, subspesies lumba-lumba Hector yang langka, adalah yang terkecil di dunia - dan beberapa yang paling berisiko. Dengan sekitar 63 individu diperkirakan hidup, lumba-lumba Maui sangat banyak di ambang kepunahan. Mereka masih dapat terlihat di beberapa tempat, meskipun: Pelabuhan Manukau dan Kaipara serta Pelabuhan Waikato, Maunganui Bluff dan Whanganui adalah lokasi utama di mana Anda akan menemukan mereka berenang dalam kelompok kecil.

Lumba-lumba Maui | © Oregon State University / Flickr

Koura (udang karang)

Lobster air tawar, juga dikenal sebagai koura, bersembunyi di sepanjang danau dan sungai di negara itu. Mereka sulit dikenali karena cangkang hijau kehitaman mereka, yang berkamuflase cukup baik dengan bebatuan di bawah. Dua spesies koura ada, yang lebih besar ditemukan di ujung timur Pulau Selatan dan Pulau Stewart. Crayfish ditemukan di Pulau Utara dan bagian dari Pulau Selatan sedikit lebih kecil dan memiliki penjepit berbulu kurang dari spesies lain.

Crayfish | © russellstreet / Flickr

Kelelawar ekor pendek

Yang satu ini terancam, unik bagi Selandia Baru, dan satu-satunya anggota kelelawar kelelawar (Mystacinidae) yang masih hidup. Spesies kelelawar ekor pendek yang lebih rendah dapat dipecah menjadi tiga sub-spesies yang ditemukan di Northland, bagian dari Pulau Utara bagian tengah, Taranaki, dan daerah Nelson dan Fiordland barat laut di Pulau Selatan. Spesies lain, yang dikenal sebagai kelelawar ekor pendek, diyakini telah punah karena penampakan terakhirnya di 1967.

Elang ekor pendek di Pulau Codfish, Selandia Baru | © Jake Osborne / Wikimedia Commons

Skink Otago

Kadal adalah kadal kecil ramping yang jatuh di bawah sembilan spesies yang berbeda. Skink Otago adalah salah satu yang terbesar dan diketahui tumbuh dengan panjang hingga milimeter 300 (11.8 inci). Tidak seperti kadal biasa Anda, skink Otago tidak hibernasi, bersifat omnivora, dan diurnal. Kadal ini berwarna hitam dengan bercak kuning, hijau atau abu-abu, dan dapat hidup hingga 20 tahun. Sesuai dengan namanya, spesies ini dapat ditemukan di bagian kecil wilayah Otago, terutama di sekitar area Macraes Flat.

No comments:

Post a Comment

Jual telor bebek omega asin sentul bogor

Pembuat telur bebek asin dalamnya merah. Dagang telur bebek asli asin sudah jadi sentul cibinong nanggewer bogor. Hotline WA : 085210745506 ...

SEMINGGU TERAKHIR