Sunday 30 June 2019

jajanan kaki lima khas korea

Berbeda dengan restaurant yang biasanya menyajikan makanan di atas meja, jajanan kaki lima di Myeongdong bisa kamu makan sambil berdiri. Porsi yang disajikan biasanya akan dipotong kecil-kecil dan dimakan dengan menggunakan tusukan kecil. Jangan bandingkan pula dengan di Indonesia, warung kaki lima di Korea Selatan terlihat sangat rapi dan bersih.

1. Tteokbokki
Jajanan kaki lima yang harus pertama kali kamu coba adalah Tteokbokki. Tidak perlu dijelaskan lagi apa itu tteokbokki, karena jajanan ini sudah mendunia. Bahkan, tteokbokki menjadi jajanan Korea Selatan yang paling populer. Kebanyakan tteokbokki dimasak dengan bumbu pedas manis dan disajikan di mangkok kecil atau gelas.

Tidak seperti yang dijual di Indonesia, tteokbokki di negara asalnya terasa jauh lebih pedas. Bahkan akan membuat mulut kamu berwarna merah!


Image source : sweetandtastytv.com

2.Eomuk kkochi
Eomuk kkochi atau fish cake adalah jajanan korea yang harganya cukup terjangkau dan disajikan dengan kuah atau sup ikan. Kalau kamu pecinta drama Korea, pasti sering melihat jajanan ini tampil di beberapa scene drama.

Untuk menemukan warung kaki lima yang menjual jajanan ini juga cukup mudah. Hampir setiap sudut pusat jajanan kaki lima terdapat penjual eomuk kkochi, termasuk di Myeongdong.


Image source : hanachrisantyjioe.blogspot.co.id

3. Olahan Cumi dan Gurita
Pusat jajanan kaki lima di Korea Selatan tidak akan terasa istimewa jika tidak ada warung yang menjual tentakel goreng, dan gurita atau cumi kering. Olahan cumi dan gurita di Myengdong sangat wajib kamu coba. Apalagi cumi dan gurita tersebut diambil secara langsung atau fresh dari laut.

Oleh karena itu, mau diolah seperti apapun, digoreng atau dikeringkan, teksturnya akan tetap lembut.


Image source : danielfooddiary.com

4. Soondae
Kalau jajanan yang satu ini mungkin tidak bisa dicoba oleh semua orang karena tidak halal. Soondae terbuat dari olahan darah babi yang dicampur dengan nasi atau bihun. Bentuknya mirip seperti sosis, tetapi lebih lembut sperti sponge dan sangat kental aroma daging babinya. Terkadang dicampur juga dengan irisan paru babi.

Versi kaki lima biasanya disajikan dalam bentuk tusukan seperti sate. Harga satu porsi sekitar 6rb won atau 65rb rupiah.


Image source : wikipedia.com

5.Gyerranppang
Jajanan lainnya yang layak untuk dicicipi adalah Gyerranpang. Bentuknya oval dan terdapat telur utuh sebagai topping-nya. Kamu tidak akan kesulitan mencari Gyeranppang di Myeongdong. Setiap beberapa meter sekali, pasti terdapat penjual Gyeranppang.

Sebenarnya, membuat Gyeranppang sangat mudah. Bahan utamanya hanyalah roti jagung dan telur saja!


Image source : vebma.com

6. Gimbap
Mungkin kamu mengira kalau gimbap hanya dijual di restaurant. Pada kenyataannya, ada juga gimbap versi kaki lima. Biasanya, gimbap versi kaki lima menjadi pelengkap makan tteokbokki. Kalau kamu belum tahu, gimbap mirip dengan sushi, berupa nasi yang dibungkus dengan lembaran rumput laut dan diisi irisan sayur dan telur.

Sayangnya, kebanyakan gimbap versi kaki lima tidak dibuat secara fresh. Penjual sudah membuatnya terlebih dahulu di rumah dan membungkusnya menggunakan plastik. Ketika ada pembeli, gimbap baru dikeluarkan dan dipotong-potong.

Kalau kamu masih ingin lanjut kuliner, jangan makan gimbap terlalu banyak karena akan membuat kamu kenyang!


Image source : thegofever.com

7.Dalgona or Bbopgi
Karena ukurannya yang terlalu besar dan rasanya yang terlalu manis, satu keping dalgona bisa dimakan berdua. Bisa jadi, dalgona adalah jajanan kaki lima paling murah di Myeongdong.

Percaya atau tidak, untuk membuat dalgona sangat mudah. Kamu hanya membutuhkan baking soda dan gula merah. Kemudian diberi cetakan motif di tengahnya agar terlihat lebih cantik. Selain manis, dalgona juga sedikit terasa pahit, ada rasa kacangnya, dan bau gosong.


Image source : lavenderlilacdream.blogspot.co.id

Jajanan kaki lima di Myeongdong sangat beragam dan akan semakin padat kala malam tiba. Kalau kamu menyempatkan diri untuk mengunjungi Myeongdong, pastikan perutmu kosong agar bisa mencicipi semua jajanan di sana. Namun, tetap perhatikan juga barang bawaaan kamu karena tempatnya sangat ramai sekali.

1 comment:

Jual telor bebek omega asin sentul bogor

Pembuat telur bebek asin dalamnya merah. Dagang telur bebek asli asin sudah jadi sentul cibinong nanggewer bogor. Hotline WA : 085210745506 ...

SEMINGGU TERAKHIR