Thursday 27 June 2019

Festival-festival di jepang

Di Negara Jepang, ada banyak sekali tradisional "matsuri" yang berarti JEPANG FESTIVAL. Festival-festival nya sangat beragam dan berbeda antara satu daerah dengan daerah lainnya. Biasanya sebuah matsuri disponsor oleh local shrine/ temple dan diorganisasi oleh komunitas/ masyarakat daerah setempat. Matsuri kadang-kadang diartikan sebagai acara adat yang sudah terbiasa dilaksanakan oleh masyarakat local. Itu merupakan sebuah tradisi yang harus diselenggarakan setiap tahunnya. Di bawah ini adalah 10 matsuri terkenal di Negara Jepang dan kamu bisa menyaksikannya apabila kamu pergi ke sana!

1. GION MATSURI (KYOTO)

GION MATSURI merupakan street festival yang paling terkenal di Jepang. Biasanya diselenggarakan di awal bulan sampai akhir bulan July. Puncak dari festival ini dinamakan "YAMABOKO JUNKO" yang dilaksanakan pada tanggal 17 July dan 24 July yang ditandai dengan prosesi iring-iringan beberapa kereta berbentuk rumah adat Jepang (terbuat dari kayu) yang dilengkapi dengan 4 roda, dinaiki dan didorong oleh masyarakat yang berpartisipasi. Masyarakat tersebut juga mengenakan pakaian tradisional kimono dan lengkap dengan aksesorisnya seperti: samurai, kipas tangan serta topi segitiga. Festival ini biasanya diadakan di Jalan Kawaramachi dan Oike, Kyoto.

ph12341965

 2. AWA ODORI (TAKASHIMA)

Ini merupakan festival tari terbesar di Jepang yang diadakan setiap tanggal 12 Agustus – 15 Agustus setiap tahun. Masyarakat yang terdiri dari pria, wanita dan anak-anak sangat antusias mengikuti festival ini dan biasanya diselenggarakan di sepanjang jalan Kota Tokushima. Para masyarakat yang berpartisipasi akan mengenakan baju kimono katun lengkap dengan topinya. Lebih dari jutaan orang berkumpul dan menyempatkan diri untuk menari bersama. Kamu juga boleh ikutan lho!

7802_01

Awa-Odori-performers-3

 3. KANDA MATSURI (TOKYO)

Kanda Matsuri merupakan salah satu festival perayaan agama Shinto yang terkenal di Tokyo, diadakan pada pertengahan bulan May setiap tahun. Festival ini biasanya diselenggarakan di Kuil Kanda Myojin. Para masyarakat beramai-ramai melakukan doa bersama di pagi hari, setelah itu mereka beriring-iringan mendorong "Mikoshi"; sebuah kuil portable berukuran besar yang dipindahkan dari satu kuil ke kuil lainnya. Parade ini berlanjut di sepanjang daerah Kanda, Nihonbashi dan Akibahara, Tokyo. Dan kembali ke kuil di sore hari.

kandamatsuri_img01

kanda0023

4. SUKI MATSURI, SNOW FESTIVAL (SAPPORO)

Festival Suki diselenggarakan pada bulan February setiap tahun. Asal mula festival ini terjadi pada saat 6 murid local membangun patung-patung yang terbuat dari es di tahun 1950. Sekarang festival Suki Matsuri menjadi kontes internasional patung es raksasa di Kota Sapporo.

sapporo-snow-festival-japan

sapporo-snow-festival

5. NEBUTA MATSURI (AOMORI)

Festival Nebuta diadakan pada tanggal 2 Agustus – 7 Agustus setiap tahun. Nebuta adalah lantern raksasa berbentuk figure orang-orangan, seperti pendekar jepang. Festival ini diselenggarakn pada sore sampai malam hari di sepanjang jalan Kota Aomori. Para masyarakat beramai-ramai mendorong lantern Nebuta dan diikuti dengan iringan permainan alat music tradisional & tarian-tarian khas Jepang.

12047783

Nebuta-e1432983228681

6. KISHIWADA DANJIRI MATSURI (KISHIWADA, OSAKA)

Festival Kishiwada Danjiri diselenggarakan di Kota Kishiwada, Osaka. Diadakan pada pertengahan bulan September. "Danjiri" merupakan kereta dorong yang terbuat dari kayu dan beratnya bisa mencapai kebih dari 3,000 kg. Festival Kishiwada Danjiri adalah festival yang dapat membuat orang terkejut. Masyarakat yang berpartisipasi biasanya menarik-narik kereta beroda empat tersebut dengan sangat cepat dan pemimpin pasukan melompat-lompat, menari dan melakukan atraksi di atas kereta kayu.

10406333733_94c9db7b30

Kishiwada danjiri2-thumb-1000x856-4044

7. TENJIN MATSURI (OSAKA)

Tenjin Matsuri merupakan festival yang didukung oleh Kuil Tenmangu di Osaka dan biasanya diadakan pada tanggal 24 – 25 July setiap tahun. Bagian yang sangat penting terjadi pada hari ke dua di mana dilakukan arak-arakan di jalan dan sungai. Para masyarakat mengenakan pakaian tradisional kimono dan beramai-ramai menaiki perahu ke sungai. Puncak festival ini ditandai dengan pertunjukkan kembang api yang sangat cantik. Para masyarakat dapat menyaksikan kembang api dari jembatan dan tepi sungai.

tenjin_matsuri_

Boat20110324-1

8. KOCHI YOSAKOI (KOCHI)

Festival Kochi Yosakoi terjadi pada tahun 1954 di mana masyarakat local menciptakan tarian Yosakoi Naruko. Festival terkenal ini diselenggarakan di pertengahan bulan Agustus setiap tahun. Tarian ini selalu diiringi lagu-lagu daerah/ rakyat masyarakat setempat yang berjudul Yosakoi Bushi. Para masyarakat yang ikut serta menari dengan girangnya dan mereka biasanya membawa tepukan tangan yang terbuat dari kayu. Tepukan tersebut menghasilkan bunyi klik-klak yang membuat festival Kochi semakin meriah.

 ‚'m‚悳‚±‚¢ Õ‚è2005

Yosakoi2006b

9. TANABATA MATSURI (MIYAGI)

Festival Tanabata diadakan pada tanggal 6 Agustus – 8 Agustus di Kota Dendai, Miyagi. Ini merupakan sebuah festival yang berdasarkan legenda China tentang 2 bintang, yaitu: Altair dan Vega. Pada saat festival ini berlangsung, para pengunjung dapat menyaksikan kertas dekorasi besar berwarna-warni yang menghiasi jalan.

tanabata_03

Shōnan_Hiratsuka_Tanabata_Matsuri_-04

10. HAKATA DONTAKU MATSURI (FUKUOKA)

Hakata Dontaku Matsuri diselenggarakan pada tanggal 3 May – 4 May setiap tahun di Kota Fukuoka. Masyarakat dari kalangan anak-anak, remaja bahkan usia lanjut sangat antusias dan menyempatkan diri untuk berpartisipasi di dalam acara tersebut, seperti: pawai, parade-parade, marching band dan tarian-tarian di jalan raya. Festival ini dapat diikuti oleh semua warga negara yang menetap di Jepang dan tujuannya adalah untuk memerkan kebudayaan unik dari setiap Negara yang berpartisipasi. Pakaian-pakaian yang mereka kenakan juga sangat beragam dan berwarna-warni.

hakata-dontaku-2

news5358be6ec7e5c

Day 145 | Hakata Dontaku Festival, Fukuoka, Japan

Hakata_Dontaku_78336144_org

1 comment:

Jual telor bebek omega asin sentul bogor

Pembuat telur bebek asin dalamnya merah. Dagang telur bebek asli asin sudah jadi sentul cibinong nanggewer bogor. Hotline WA : 085210745506 ...

SEMINGGU TERAKHIR