Sunday 7 July 2019

(bagian 2) pulau selatan new zealand

Setelah sebelumnya di bagian 1 kita sudah menjelajah Kota Christchurch dan Region Canterbury, Dunedin dan Coastal Otago, Central Otago, serta Queenstown, maka tentu itu belum seberapa saja. Keeksotismean Pulau Selatan dari New Zealand ini masih lebih dari itu. Dan bagian 2 ini, kita melanjutkan penelusuran selanjutnya menjajaki jengkal demi jengkal pesona Pulau Selatan New Zealand.

 

a.jpg

Peta New Zealand dan Jalur Road Trip yang bisa dipilih via halling.org.uk

 

5. Southland

Southland di South Island, artinya kamu memasuki daratan paling selatan dari negera ini, bahkan bisa dikatakan sebagai daratan paling selatan di dunia. Tentunya ini bisa menjadi rasa tersendiri ketika kita menginjakkan kaki disana.

Kota pertama yang bisa disinggahi setelah dari Kota Alexandra ialah Kota Gore. Kota ini dikenal sebagai pusat musik country di New Zealand. Selain itu, maskot kota ini ialah ikan trout coklatnya alias Fly Fish dan bahkan dibangun patung ikan trout raksasa disana. Ikan ini memang menjadi hasil sungai yang terkenal disana. Memancing ikan inilah yang menjadi atraksi wisata disana. Memancing di Sungai Mataura, sungai utama dan habitat ikan bagi kan trout bisa kamu nikmati dengan paket tertentu mulai dari 4 jam, 6 jam, hingga 8 jam panduan. Tarifnya mulai dari NZD 439 hingga 750 untuk 1 hingga 2 orang.

 

1a.jpg

Salah satu sisi Kota Invercargill, photo by Venture Southland via newzealand.com

Kota yang tak boleh terlewat selanjutnya ialah Invercargill. Kota ini menjadi kota utama Southland dan memiliki karakter yang khas. Kota paling selatan ini berbatasan dengan sebuah cekungan bak teluk di Selat Foveaux. Dari Kota Dunedin, Region Otago, kota ini bisa di tempuh sekitar 2,5-3 jam perjalanan, sedangkan jika dai Gore memakan waktu sekitar 1,5 jam perjalanan.

Keunggulan Invercargill ialah dari peninggalanan bangunan tuanya dengan arsitektur bergaya Victoria, Edcward, dan Art Deco. Hal ini tentu tak terlepas dari sejarahnya yang sempat menjadi pemukiman bangsa Skotlandia di tahun 1850an. Menyusuri kota dan melihat arsitektur bangunannya sangat mungkin dilakukan. Kalian juga bisa sembari bersantai di cafe-cafe yang juga banyak diantaranya menggunakan bangunan-bangunan tua tersebut.

1b.jpg

 

Salah satu sisi Queens Park via mapio.net

Tapi selain itu, Invercargill juga punya sebuah taman kebanggan warganya yaitu Queens Park. Taman yang berada di utara dari pusat kota ini memiliki luas mencapai 80 hektar dimana didalamnya tumbuh ribuan pepohonan, danau, serta taman-taman tematik seperti taman bunga, taman jepang, taman herba, dan hutan kecil. Taman ini juga tentunya menjadi habitat bagi aneka satwa termasuk yang ada dalam penangkaran. Tak Cuma itu, untuk memberikan kenyamanan bagi pengunjung, taman ini selain dilengkapi jalur pedestrian yang baik, juga ada fasilitas olahraga, taman bermain anak, dan cafe. Didalam kawasan juga ada sebuah museum dan galeri seni yang memiliki bentuk unik yaitu piramida.

Berada 30 km dari lepas pantai selatab dari daratan utama Pulau Selatan, kamu yang mau menghabiskan waktu dengan pengalaman berbeda dan tentunya dengan biaya lebih, bisa menjadikan Pulau Stewart sebagai tujuan wisata. Untuk menuju pulau kecil di ujung selatan ini, kalian bisa memilih dua cara, udara atau laut. Jalur udara bisa ditempuh dnegan penerbangan dari Bandara Kota Invercargill dengan 3 kali penerbangan pergi dan 3 kali juga penerbangan pulang. Biayanya sendiri sekitar NZD 213 pulang pergi untuk dewasa dan NZD 128 pulang pergi untuk anak 4-14 tahun. Sedangkan jalur laut dengan menggunakan ferry dari Pelabuhan di Bluff, tidak jauh dari Invercargill. Tarif Ferry ialah NZD 77 sekali jalan untuk dewasa dan NZD 39 sekali jalan untuk anak dibawah 14 tahun.

 

1c.jpg

Rakiura Track, photo by venture southland via newzealamd.com

Pulau yang hanya dihuni kurang dari 400 jiwa ini, sangat direkomendasikan untuk wisata lintas alam dengan berjalan kaki. Menyusuri alam di pulau ini memiliki variasi yang menarik dari pantai, hutan, bukit, jembatan gantung, melihat burung kiwi, hingga peninggalan sejarah, dengan beberapa pilihan jalur dari yang bisa ditempuh dalam hitungan jam hingga yang mencapai 36 km dan bisa ditempuh selama 3 hari jika kamu memang mau menelusuri semuanya. Di track lintas alam itu juga sudah tersedia akomodasi berupa dua pondokan dan tiga area kemah. Kalian bisa memesan penginapan alam ini di departemen konservasi setempat.

 

1d.jpg

Jembatan Gantung di Rakiura Track, photo by Garet Eyres via newzealand.com

Melintasi alam seperti ini pilihan yang sangat cocok ialah dengan turut dalam tur wisata. Satu operator yang ada di Pulau Stewart ialah yang beralamat di 14 Main Road, Oban, Pulau Stewart. Tur ini tersedia sepanjang tahun dengan tarif NZD 1020 untuk dewasa dan NZD 920 untuk anak dibawah 15 tahun. Hal ini tentu sudah termasuk berbagai hal selama beberapa hari petualangan kecuali pakaian ganti tentu saja.

 

Jika tidak punya waktu terlalu lama, kamu bisa ikut dalam trip harian saja yang juga bisa didapatkan dari operator penerbangan. Day trip ini dipatok harga mulai dari NZD 280 dewasa dan NZD 171 anak untuk petualangan singkat mengunjungi beberapa objek saja dan pulang dihari yang sama. Pilihan lainnya juga tersedia dengan berbagai kisaran harga.

 

6. Fiordland

Region Fiordland berada di sisi barat dari Region Southland. Jika bisa dikatakan, Fiordland sangat direkomendasikan untuk disambangi karena lanskap disana sangat menawan dan unik dengan barisan pegunungan berpuncak salju yang menjulang bak jurang-urang terjal. Ciri lanskap disana juga berupa danau-danau dalam-nya diantara pegunungan itu. Region ini juga terdapat Taman Nasional Fiordland yang masuk dalam situs warisan dunia.

 

6a.jpg

Taman Nasional Firodland via planetden.com

Menjelajah Fiordland tidak akan pernah mengecewakan. Di Taman Nasional Fiordland, kalian bisa merasakan sensasi dramatisnya lembah hasil lelehan gletser, hutan hijau, dan air terjun diwaktu yang bersamaan. Lembah hasil lelehan es itu biasa dikenal dengan nama Fyord dan di Taman Nasional ini setidaknya ada empat belas Fyord yang terbentuk dalam kurun waku sekitar 100 ribu tahun. Salah satu yang terdalam yaitu Milford Sound bahkan mencapai kedalaman 421 meter dimana bahkan diperairan itu dihuni oleh lumba-lumba, anjing laut, dan pinguin.

 

6b.jpg

Milford Sound di TN. Fiordland, photo by Adam Bryce via newzealand.com

Milford Sound yang berada di paling utara Taman Nasional Fiordland ini menawarkan keindahan alam yang terbentang ialah berupa danau gletser berwarna biru dengan lapisan barisan gunung menjulang runcing disekelilingnya. Tak hanya dari daratannya saja, bahkan kalian juga bisa melakukan diving. Biodiversitas didalamnya tak kalah dengan perairan tropis dimana warna-warna ikan dan terumbu karang berhabitat disana. Tarif melakukan diving ini ialah mulai dari NZD 295 hingga NZD 345 tergantung perlengkapan yang dibutuhkan dan durasi penyelaman.

Bagian lain yang juga tak boleh dilewatkan di wilayah taman nasional ialah Danau Te Anau. Danau yang juga merupakan danau gletser ini merupakan yang terbesar dengan luas sekitar 344 km persegi. Danau yang membentang dari utara hingga selatan dan bagian lain merentang ke sisi barat ini, bisa dijelajahi dnegan mengguankan perahu kayak. Didekatnya juga ada danau yang berukuran lebih kecil yaitu Manapouri, tetapi keindahannya pun tak akan berbeda jauh.

Untuk menyusuri Taman Nasional Fiordlan, tersedia jalur khusus sepanjang hingga 500 km dimana jalur ini sudah akan mengajak petualang untuk merasakan berbagai sensasi alam. Taman Nasional yang masuk dalam situs warisan Dunia UNESCO sejak tahun 1990 ini juga menyediakan sekitar 50 pondokan yang tersebar di beberapa zona untuk pengunjungnya menginap.

Saran terbaik untuk melakukan petualangan alam ini ialah turut dalam paket wisata yang banyak tersedia. Seperti untuk Milford Track misalkan, dengan tarif sekitar NZD 195 (start dari Te Anau)  sampai NZD 295 (strat dari Queenstown) kamu akan diajak menyusuri jalur alam selama 13 jam. Paket ini tentu saja sudah termasuk pemandu dan makan siang.

 

6c.jpg

Pesiar di Milford, via realjournerys.co.nz

Kalau kamu mau yang berbeda, kamu bisa juga ikut kapal pesiar. Dengan tarif mulai dari NZD 88, pengunjung diajak mengarungi perairan Milford selama 2 jam 15 menit. Jika tak mau repot, jasa ini juga menyediakan paket antar jemput dari Queenstown dengan tarif NZD 190 perorang.

Ada juga cara yang lebih berbeda dan memerlukan uang yang lebih pula, yaitu naik helikopter yang memang diperuntukan untuk wisata udara Taman Nasional Fiordland. Tarif wisata mewah ini ialah mula dari NZD 240 perorang untuk terbang singkat 30 menit di satu wilayah, hingga mencapai NZD 1.995 perorang untuk wisata full mengitari hampir semua wilayah taman nasional selama 3 jam.

 

7. West Coast

Sebagaimana namanya, West Coast merupakan region di pesisir barat Pulau Selatan. Wilayahnya membentang memanjang dari Timur Laut ke Barat Daya sehingga road trip di West Coast terbilang lebih efisien karena cukup mengikuti jalan utama saja yang membentang menghubungkan antar kota.  Berpenduduk hanya sekitar 31 ribu jiwa, warga setempat biasa menyebur West Coast dengan 'Coast' saja. Sama menakjubkannya, West Coas memiliki karakter geologis yang menarik dan penuh kejutan.

 

7a.jpg

Sungai Haast via newzealand.com

Daerah pertama yang bisa disambangi setelah dari Fiordland ialah Haast Pass, meskipun memang kalian harus kembali ke arah Region Otago. Kawasan alam diperbatasan Otago dan West coast ini merupakan bentang alam yang sangat menakjubkan. Banyak hal luar biasa yang bisa kamu temui sehingga ada baiknya menyiapkan waktu lebih, bukan hanya sekedar melintas. Sungai Haast dengan airnya yang biru berkilau menjadi tujuan paling favorit karena tidak hanya soal sungai tetapi pegunungan yang menjulang dikelilingnya juga menjadikan penikmatnya tak mudah berpaling. Kamu bisa menjelajahinya dengan kapal atau sekedar bersanta diatas bebatuan. Berbeda jika kamu masih bersemangat untuk mendaki, maka Gunung Brewster bisa menjadi pilihannya.

 

7a2.jpg

Roys Peak Track via newzealand.com

Dikawasan ini juga terdapat Taman Nasioal Gunung Aspiring. Kawasan hutan alam ini selain Gunung Aspiringnya itu sendiri juga berupa gletser, lembah sungai, dan danau alpine. Melintas alam di sana sangat menarik dilakukan apalagi jalur khususnya tersedia termasuk pondokan di beberapa spot. Jika kamu memiliki waktu dan tenaga lebih, ada baiknya juga mendaki di Roys Peak Track. Lokasi start jalurnya sendiri ialah dari wilayah Wanaka, Otago sehingga artinya masih sebelum memasuki Haast Pass. Dari atas puncak jalur ini, pemandangan yang tersaji ialah berupa danau Wanaka dan pegunungan dengan puncak bersaljunya.

 

Bergerak lagi mengikuti jalan, maka sampailah di kota Haast. Kota kecil ini memang tidak begitu banyak atraksi tetapi bisa menjadi pilihan untuk bersinggah menikmati pemandangan hutan hujan dan pantai dengan anjing laut bahkan pinguinnya.

 

7b.jpg

Skydive di Fox Glacier via topsy.one

Terus melaju dan sampailah di Fox Glacier. Nama Fox diambil dari nama Perdana Mentri Selandia Baru tahun 1869-1872, Sir Wiliam Fox, dan Glacier tentu karena memang daerah ini merupakan kawasan glatser luas. Menjelajah gletser disana seolah membawa kita berada di kutub utara karena hamparan es putihnya, tetapi dengan sensasi berbeda karena ditemani juga pegunungan batuan dan hutan hujan. Disana juga terdapat beberapa gua alam dengan cacing pendar alias cacing yang bercahaya. Jika tidak dengan berjalan kaki, kamu juga bisa berwisata mewah dengan helikopter atau Skydive. Ya, Terjun payung dengan pemandu ini bisa menjadi pengalaman menarik untuk dicoba meskipun memang perlu biaya tidak sedikit. Setidaknya kamu harus menyiapkan biaya mulai dari NZD 249 untuk ketinggian 9.000 kaki selama 30 detik hingga NZD 399 untuk ketinggian 16.500 kaki selama 65 detik mengudara. Untuk dokumentasi baik foto dan video, ada tambahan biayanya tersendiri.

 

7c.jpg

Glacier Hot Pool di Franz Josef via fghp.co.nz

Tak jauh dan tak begitu berbeda, ada juga Kota Franz Josef Glacier. Lintas alam di Franz Josef ini akan memberikan pengalaman yang tak biasa karena berjalan diatas es putih bertekstur bak sungai es dengan pemandangan gunung-gunung menjulang yang seolah menghapit. Menariknya lagi, dengan atmosfer dinginnya, dibuatlah sebuah kolam pemandiang air hangat. Dengan membayar tiket mulai dari NZD 27 perorang, kalian sudah bisa bersantai 1,5 jam didalam kolam dengan nuansa alam hutan hujan. Mau dengan suasana lebih pribadi, kamu bisa menyewa kolam privat seharga NZD 95 untuk 2 orang atau memanjakan diri dengan massage 30 menit seharga NZD 90.

7d.jpg

 

Tretop Walway di Hokitika via treetopsnz.com

130 km dari Franz Josef Glacier, ada kota kecil bernama Hokitika. Kota ini dikenal juga sebagai kota yang kaya sejarah dan dulunya pun menjadi tambang emas. Kota pesisir ini tidak berarti melulu soal pantai tetapi juga sangat cocok untuk kegiatan lintas alam. Salah satu lokasi terkenal di Hokitika ialah Jembatan gantung Treetop nya. Berada sekitar 15 menit keselatan dari pusat kota, lokasi Treetop Walkway ini tepatnya berada di Woodstock-Rimu Road. Jembatan gantung berada di ketinggian 20 meter dengan panjang mencapai 450 meter. Dibuka setiap hari dari jam 9 pagi hingga sekitar jam 3 sore, tarif yang dipatok ialah sebesar NZD 38 untuk dewasa dan NZD 15 untuk anak 5-15 tahun. Selain itu, sebuah cafe juga tersedia untuk memberikan pelayanan lebih kepada para pengunjungnya. 

 

7e.jpg

Bersepeda di Greymouth via newzealand.com

Laju terus kendaraanmu, maka sampailah kita di Greymouth, kota terbesar dan utama di West Coast. Kota ini membentang di pesisir sehingga sangat cocok untuk kegiatan memancing. Hendak sekedar bersantaipun bisa dilakukan atau juga lintas alam dengan bersepeda. Perlu tahu juga bahwa sejarah kota ini terkait erat dengan pertambangan emas dan batu giok, tak heran jika masih ada beberapa galeri khusus giok bisa ditemukan di kota ini. Berbicara sejarah, kamu juga bisa menyambangi Shanty Town, sebuah Heritage park yang berlokasi di 316 Rutherglen Road, sekitar 10 km selatan pusat kota Greymouth. Banyak hal yang bisa ditemui di sini dari mulai suasana kota tambang emas hingga museum, sehingga sangat cocok dijadikan lokasi wisata keluarga. Dibuka setiap hari dari jam 8:30 pagi hingga 5 sore, Shanty Town mematok tarif NZD 33 untuk deasa dan NZD 16 untuk anak 5-17 tahun.

 

7f.jpg

Blowhole di Pantai Punakaiki, photo by Rob Suisted via newzealand.com

Sekitar 55 km utara Greymouth, pilihan singgah selanjutnya ialah Punakaiki. Permukiman kecil ini memiliki daya tarik dari pantainya. Garis pantai yang disebut Dolomite Point menyajikan suatu keajaiban berupa barisan jajaran batu. Ini merupakan proses alam yang berlangsung sejak 30 juta tahun silam berupa bebatuan gamping yang berlapis dan terangkat akibat gempa sehingga membuatnya seperti irisan tipis yang berlapis-lapis bertumpuk menjadi tinggi, karenanya sering juga disebut Batu Pancake.

Dibanyak titik pula, ada fenomena semburan air dari batuan tersebut atau Blowhole. Semburannya yang kuat dan tinggi membuat fenomena ini nampak sangat menarik ditambah lagi pemandangan pantainya yang berupa tebing vertikal membuatnya semakin dramatis saja.

Terus meluncur ke utara menuju Kota Westport. Kota kecil yang tenang ini memiliki karakter yang khas dengan beberapa bangunan kuno bergaya Art Deco nya. Tapi lebih dari itu, sebagai kota pesisir, Westport memilkiki garis pantai yang menawan. Pantai berpasirnya dikeliling oleh tebing curam sehingga menambah kesan dramatis.

Jika sudah bosan dengan pantai, ada satu kegiatan yang sangta khas di Westport yaitu The Denniston Experience. Apa itu? Itu adalah kegiatan menjelajah tambah batu bara. Ya, kamu akan diajak menaiki kereta khusus dan masuk ke terowongan bawah tanah. Start dimulai dari Denniston Hill, sekitar 30 menit dari pusat kota Westport. Perjalanan menyusuri area tambang bawah tanah ini memakan waktu sekitar 1 jam 15 menit dengan biaya NZD 45 dewasa, NZD 25 untuk anak 10-15 tahun, NZD 20 untuk anak 5-9 tahun, dan gratis untuk balita.

 

8. Tasman

Gak asing dong dengan nama Abel Tasman? Ya, seorang penjelajah asal Belanda yang pertama kali menginjakkan kaki di Pulau Tasmania dan New Zealand. Nama Tasman juga bahkan digunakan untuk salah satu region di bagian utara dari Pulau Selatan New Zealand termasuk didalamnya ada Taman Nasional Abel Tasman.

 

8a.jpg

Taman Nasional Abel Tasman via abeltasmankayaks.co.nz

Meskipun megambil nama dari sosok yang besar namanya, tetapi Taman Nasional Abel Tasman merupakan taman nasional dengan luas terkecil di Selandia Baru. Merupakan kawasan pesisir, menjadikan taman nasional ini memiliki daya pikat pantai dengan hamparan bebatuan serta hutan hujan di sekitarnya. Telusur alam menjadi kegiatan yang biasa dilakukan untuk bisa menikmati pesona alam yang tersaji disana. Fasilitas penunjang juga tersedia seperti jalur atau trek wisata, jembatan gantung, pondokan, hingga tersedia juga perahu kayak yang bisa menjadi satu aktivitas menarik.

 

8b.JPG

Kayak di Split Apple Rock via abeltasman.co.nz

Tak jauh dari Taman Nasional Abel Tasman, nikmati juga keindahan pantai di Kaiteriteri. Pantai berpasir berkilau keemasan dengan lautnya yang biru jernih semakin menggugah lagi dengan bukit kapur yang mengisi sisi pantai.  Menyewa kayak juga bisa dilakukan dengan tarif setengah hari mulai dari NZD 80 untuk dewasa dan NZD 60 untuk anak atau paket full day seharga NZD 199. Salah satu lokasi menarik untuk melakukan kayak ini ialah di Teluk Towers, bagian utara Kaiteriteri dengan objek berupa Batu Split Apple alias sebuah batu yang terbelah dua.

 

9. Nelson

 

9.jpg

Pelabuhan di Nelson via newzealand.com

Nelson, region satu ini termasuk salah satu kota utama di Pulau Selatan yang terkenal dengan seni dan kerajinannya, bahkan setiap tahun diadakan acara Nelson Arts Festival, termasuk sebuah museum bernama World of Wearable Art.

Kota ini sesuai untuk dijadikan kota singgah menikmati suasana kota yang nyaman, lengang, tetapi tetap terasa hidup. Kamu bisa bersantai di banyak pilihan restoran termasuk mencicipi wine karena Nelson terkenal juga dengan produk anggurnya.

 

10. Marlborough

 

10a.jpg

Kebun anggur di Blenheim, photo by Gouldy99 via newzealand.com

Sampailah di Region terakhir yang berada di paling utara Pulau Selatan. Marlbourough dikenal sebagai kawasan pertanian atau budidaya anggur terbesar di New Zealand. Karenanya juga, wisata kebun anggur menjadi salah satu aktivitas yang ditawarkan daerah yang beriklim lebih hangat dibanding wilayah lain di New Zealand ini. Satu kota yang paling direkomendasikan untuk berwisata kebun anggur ialah Blenheim. Di sini setidaknya ada 20 perkebunan anggur yang bisa dituju sebagai pilihan wisata. Bersepeda ataupun berjalan kaki bisa dilakukan untuk mengeliling kebun anggur yang dikelilingi lanskap perbukitan. Bersantai di cafe atau restoran yang juga menghadap langsung ke kebun anggur adalah cara lain menikmati suasana Blenheim.

10b.jpg
Marlborough Sounds, photo by Rob Suisted via newzealand.com

Lokasi lain yang tak boleh dilewatkan dari Marlborough ialah kawasan alam berupa ceruk panjang atau cekungan bak sungai dengan perbukitan hijau memanjang seperti semenanjung. Kawasan yang eksotis ini akrab disebut Marlborough Sounds. Banyak hal yang bisa dilakukan untuk menjelajah area perairan selat ini dari mulai menggunakan kayak, kapal ferry, atau lintas alam di perbukitannya yang merupakan suaramargasatwa. Jalur pejalan kaki juga sudah tersedia dengan beberapa pilihan yaitu untuk tur pendek satu atau dua jam hingga lintas alam yang memakan waktu semalaman. Termasuk untuk jalur sepeda gunung, jalur ini cukup terkenal dengan nama Queen Charlotte Track.

Untuk menuju Marlborough Sounds, gerbang utama memasukinya ialah dari Kota Picton, termasuk untuk kamu yang mau naik kapal ferry. Picton sendiri memang sebuah kota pelabuhan yang banyak menjadi pilihan untuk disinggahi. Kotanya nyaman dan cocok untuk bersantai. Kafe, restoran, galeri, toko souvenir, dan banyak lainnya bisa dengan mudah ditemui disana. Sedikit dengan suasana serupa, kamu juga bisa singgah ke Kota Havelock, kota pelabuhan yang identik dengan bangunan-bangunan kolonial kuno

No comments:

Post a Comment

Jual telor bebek omega asin sentul bogor

Pembuat telur bebek asin dalamnya merah. Dagang telur bebek asli asin sudah jadi sentul cibinong nanggewer bogor. Hotline WA : 085210745506 ...

SEMINGGU TERAKHIR