Friday 5 July 2019

7 Tradisi Yang di Pahami Orang Selandia Baru


Selandia Baru mungkin adalah negara yang masih muda, tetapi bukan tanpa tradisi yang memikat. Sebuah puncak kebiasaan suku Maori dan kebiasaan-kebiasaan berbasis Eropa telah membantu negara ini mengukir adat istiadatnya sendiri. Untuk memberi Anda ide yang lebih baik, inilah tujuh tradisi yang hanya bisa dipahami dan dipahami oleh Kiwis.

Gumboot Day

Taihape adalah kota kecil di tengah Pulau Utara yang membanggakan dirinya sebagai 'ibu kota gumboot dunia'. Setiap tahun sejak 1985, komunitas merayakan Hari Gumboot - acara keluarga yang menyenangkan yang mencakup kontes melempar gumboot terkenal di kota itu. Festival ikonik diadakan pada hari Selasa setelah Paskah, dan ambisi terbesarnya setiap tahun adalah memecahkan rekor dunia untuk lemparan gulma terpanjang.

Taihape Gumboot Sculpture | © Charlie Brewer / Flickr

Sebuah karnaval coklat di jalan paling curam di dunia

Baldwin Street, di Dunedin, terkenal sebagai jalan paling curam di dunia. Apa yang tidak diketahui orang luar adalah bahwa ini adalah tempat utama untuk Karnaval Cokelat tahunan kota Cadbury. Untuk memulai perayaan manis, bola raksasa Jaffa (yang merupakan cokelat oranye yang unik untuk Selandia Baru) berpacu di bentangan jalan yang curam ini. Ada juga kompetisi, kegiatan yang diisi dengan choc, dan Kereta Crunchie yang ikonik untuk menghibur orang banyak.

Baldwin Street Jaffa Race | © Dunedin NZ / Flickr

The haka

Penggemar Rugby akan tahu yang satu ini dengan cukup baik. The haka, tarian perang Maori tradisional, telah diabadikan oleh tim All Blacks Selandia Baru, meskipun signifikansinya dirayakan dalam kebiasaan lokal lainnya juga. Di masa lalu, perang pra-perang menangis dan tarian dilakukan untuk membangkitkan rasa takut, dan menyatakan kekuatan prajurit Maori. Hari-hari ini, Anda mungkin melihat pertunjukan haka jika Anda mengunjungi marae, atau jika Anda mengambil bagian dalam perayaan Maori dan ritual khusus.

Angkatan Laut Haka | © Royal New Zealand Navy / Flickr

Hongi

Jangan dikelirukan dengan hangi, yang merupakan makanan tradisional, hongi adalah salam pribadi, adat, biasanya disimpan untuk acara-acara khusus. Menekan hidung dan dahi adalah bagaimana ucapan fisik ini dipertukarkan. Ini melambangkan berlalunya nafas kehidupan ('te ha' di Maori) dari satu orang ke orang lain. Sebuah hongi adalah praktik umum ketika menyambut pengunjung ke tanah Maori, serta dalam upacara tradisional.

Hongi Antara Prajurit Maori dan Anggota Angkatan Udara AS | © Wikimedia Commons

Powhiri

Setiap kali Anda memasuki rumah Maori (whare), tempat pertemuan (marae) atau suku (iwi), Anda akan berpartisipasi dalam upacara penyambutan tradisional ini. Suatu powhiri biasanya dimulai dengan tiga prajurit menantang para tamu untuk melihat apakah mereka datang ke wilayah mereka dalam damai, sementara seorang kaikaranga (penelepon perempuan) memimpin para pengunjung ke arah mereka. Presentasi, waiata (lagu tradisional) dan pidato biasanya mengikuti, dan kemudian powhiri berakhir dengan hongi tersebut.

Powhiri Menyambut Angkatan Pertahanan Selandia Baru Contigents Onto A Marae | © Wikimedia Commons

A hangi

Sekarang kita sampai pada metode memasak Maori yang lazim. Sebuah hangi disiapkan di bawah tanah, menggunakan batu panas yang terkubur dalam oven pit. Makanan ditempatkan di atas batu (biasanya daging dimasak terlebih dahulu), dan barang-barang ditutupi dengan tikar rami atau tas goni selama tiga jam selama proses memasak. Ini biasanya disimpan untuk acara-acara khusus, meskipun Anda dapat memiliki makanan ini ketika Anda mengambil bagian dalam berbagai pertemuan Maori di seluruh negeri.

Hangi | © Sarah Stewart / Flickr

Semua hal Kiwiana

Meskipun ini bukan 'tradisi' dalam arti yang paling ketat, ini adalah sesuatu yang benar-benar dipahami dan dihargai oleh penduduk setempat. Singkatnya, Kiwiana adalah peninggalan budaya yang membantu membentuk identitas Kiwi dan cara hidup lokal. Ini termasuk Edmonds Cookbook, yang telah mengajarkan orang Selandia Baru untuk membuat masakan favorit mereka selama beberapa generasi, serta mainan Buzzy Bee klasik, kerang paua, ukiran Maori, dan pavlova yang pernah diperebutkan.

No comments:

Post a Comment

Jual telor bebek omega asin sentul bogor

Pembuat telur bebek asin dalamnya merah. Dagang telur bebek asli asin sudah jadi sentul cibinong nanggewer bogor. Hotline WA : 085210745506 ...

SEMINGGU TERAKHIR