Monday 7 January 2019

Cara Mengurus VISA SCHENGEN Eropa Sendiri dan Mudah

Cara Mengurus VISA SCHENGEN Eropa Sendiri dan Mudah

Anda mau jalan-jalan ke EROPA? Siap. Anda harus memperoleh dahulu VISA Eropa yang disebut Visa Schengen.

Mengapa Perlu Visa Schengen?
Visa Schengen adalah visa yang dibutuhkan jika Anda ingin berkunjung ke beberapa negara Eropa yang termasuk dalam area Schengen. Ada berapa Negara Schengen?

Gambar disebelah adalah stiket asli visa schengen yang ditempel pada paspor.

Untuk mengurus visa Schengen, kini Anda dapat melakukannya di kantor VFS Global dan bukan di kedutaaan negara. Dengan visa tersebut, Anda boleh mengunjungi negara-negara yang terdaftar dalam area Schengen selama 90 hari dalam periode enam bulan untuk tujuan wisata dan bisnis. Idealnya, permohonan masa tinggal visa Schengen untuk kunjungan singkat adalah maksimal 3 bulan. Usahakan untuk mengajukan visa Schengen maksimal 2 minggu sebelum keberangkatan. Hasil keputusan apakah visa Anda disetujui atau ditolak adalah dalam dua hari kerja setelah dokumen-dokumen yang diperlukan diberikan pada kedutaan.

Per tanggal 1 Juli 2016, Pusat Aplikasi Visa Belanda mulai buka di 3 lokasi di Indonesia. Pusat Aplikasi Visa terletak di Jakarta, Surabaya dan Bali. Alamat lengkap Pusat Aplikasi adalah sbb;
Jakarta Kuningan City Mall 1st Floor, No L1-30-32, Jl. Prof. Dr. Satrio Kav.18, Setiabudi, kuningan Jakarta - 12940, Indonesia
Bali Benoa Square, 3rd Floor No. 14.3/A, Jl. By pass I Gusti Ngurah Rai No. 21A, Kedonganan, Kuta, Bali - 80361, Indonesia
Surabaya 15th Floor, R. 1506, Graha Pena, Jalan Ahmad Yani No. 88, Surabaya - 60234, Indonesia

Ini dia jumlah negara yang termasuk adalah  :
  •  Islandia, 
  • Hungaria, 
  • Latvia, 
  • Luksemburg, 
  • Malta, 
  • Polandia, 
  • Portugal, 
  • Norwegia, 
  • Swedia,
  •  Prancis, 
  • Italia, 
  • Belanda, 
  • Jerman, \
  • Austria, 
  • Spanyol, 
  • Swiss, 
  • Liechtenstein, 
  • Belgia, 
  • Yunani, 
  • Finlandia, 
  • Estonia, 
  • Slovenia, 
  • Slovakia, Republik Ceko, 
  • dan Denmark. 

Misalnya Anda ingin berkunjung dari Perancis ke Belanda dalam satu perjalanan, maka visa yang Anda butuhkan hanyalah satu visa yaitu visa Schengen saja.

Visa Schengen sendiri ada dua macam: 

  1. Multiple Entry dan 
  2. Single Entry. 

Contoh Multiple Entry adalah jika Anda ingin pergi ke Prancis, kemudian mengunjungi Inggris, dan kembali lagi ke Prancis. Kelebihan visa Schengen Multiple Entry adalah Anda dapat ikut mengunjungi negara non Schengen yang memberikan visa waiver, seperti Albania, Bulgaria, Bosnia dan Herzegovina, Kroasia, Kosovo, Republik Makedonia, Montenegro serta Romania.
 

 Tentang Biaya Visa

Harus dibayar di Pusat Aplikasi Visa-VFS
Bagi Turis, Mengunjungi Keluarga dan Teman-Teman, Pelaut, Studi jangka pendek, Bisnis, visa kepulangan dan Transit Bandara.
KATEGORI VISA BIAYA VISA DALAM € BIAYA JASA VFS DALAM €
Untuk dewasa 60 25
Anak-anak (Di bawah usia 6 tahun) Bebas 25
Anak-anak (Usia antara 6 - 11 tahun) 35 25


 Pertama: Buat Janji Temu
Buat appointment untuk pengajuan visa dengan mendaftarkan diri lewat website VFS Global, dan pilihlah tanggal yang sesuai dengan keinginan Anda. Dari proses tersebut, Anda akan dikirimkan nomor dan waktu antrian lewat email. Datanglah sesuai dengan tanggal dan waktu yang ditentukan.

  Kedua: Pilih Negara Pembuatan Visa
Pilih terlebih dahulu, ke negara mana Anda ingin membuat visa Schengen. Di kantor VFS Global, terdapat banyak perwakilan negara Schengen yang bisa menjadi pilihan. Tips dari Cosmo, ajukanlah visa ke negara yang nanti akan paling lama Anda kunjungi, atau ajukanlah ke negara pertama yang akan Anda kunjungi ketika mendarat. Semisal Anda nanti akan tinggal lebih lama di negara lain seperti Denmark atau Italia, maka ajukanlah ke negara tersebut. Atau, kebanyakan pesawat biasanya menawarkan harga yang lebih murah jika Anda ingin terbang ke Prancis atau Belanda, maka ajukan ke negara tersebut. Perlu dicatat, ada beberapa negara yang tidak memiliki perwakilan di sini, semisal Islandia, sehingga jika Anda ingin terbang langsung ke Islandia, Anda harus membuatnya ke negara perwakilan.

  Ketiga: Pastikan Paspor Anda
Ini yang penting: cek kembali kapan masa berlaku paspor Anda akan berakhir. Amannya, paspor Anda masih berlaku enam bulan setelah tanggal Anda kembali nanti. Selain itu, sertakan juga salinan paspor Anda yang sudah jatuh tempo, yang menunjukkan bahwa Anda pernah ke negara lain dan pernah disetujui paspornya di negara lain. Hal ini dapat meningkatkan kemungkinan visa Anda diterima. Semisal, akan lebih baik jika Anda sudah pernah ke: satu negara yang bebas visa seperti negara-negara ASEAN, satu negara dengan visa waiver seperti Jepang, serta satu negara yang pernah disetujui visanya - semisal Australia atau Cina.

 Keempat: Siapkan Dokumen Lainnya
Persyaratan formulir pendaftaran bisa Anda dapatkan dengan mengunduh dari website VFS, atau dengan mengunduh dari website kedutaan yang ingin Anda kunjungi. Formulir pengajuan visa Schengen hanya tiga lembar. Selain itu, lampirkan juga dua lembar foto yang sesuai dengan spesifikasi - berlatar belakang putih dengan ukuran 3,5cm x 4,5 cm. Dokumen lain yang Anda butuhkan adalah Surat Keterangan Kerja dari kantor tempat Anda bekerja, salinan KTP, salinan Kartu Keluarga, serta salinan Akte Kelahiran. Ada baiknya, Anda juga membuat itinerary atau daftar perjalanan selama berada di Eropa.

 Kelima: Cantumkan Tiket Pesawat dan Penginapan
Untuk tiket pesawat, syaratnya adalah menunjukkan bukti konfirmasi pemesanan tiket dari agen perjalanan atau dari airlines. Ini berarti Anda tidak diwajibkan untuk terlebih dahulu membeli tiket, hanya perlu memesan terlebih dahulu. Untuk bukti pemesanan hotel, Anda bisa menunjukkan bukti pemesanan lewat website pemesanan kamar online yang tidak memerlukan uang muka dan bisa dibatalkan tanpa biaya.

 Keenam: Lampirkan Insurance
Ada banyak perusahaan asuransi di Indonesia yang menawarkan paket untuk visa Schengen. Bahkan, ada beberapa asuransi yang menawarkan pendaftaran secara online, dan pembayarannya bisa dilakukan dengan kartu kredit, sehingga Anda tak perlu repot. Jika Anda lebih teliti, ada juga beberapa asuransi yang bisa mengembalikan pembayaran preminya apabila permohonan visa ditolak. Oh ya, ingat untuk selalu membawa polis asuransi Anda selama berkeliling di Eropa.

 Ketujuh: Siapkan Salinan Tabungan
Berdasarkan informasi dari website Kedutaan Belanda, tertulis bahwa pemohon visa minimal harus memiliki dana di tabungan sebesar 39 Euro dikalikan masa tinggal selama di Eropa. Untuk amannya, saldo mungkin bisa dilebihkan. Semisal, Anda ingin tinggal selama 10 hari, maka pastikan Anda memiliki tabungan sebesar 450 Euro atau lebih. Bukti keuangan ini bisa berupa rekening koran selama 3 bulan terakhir. Cantumkan juga salinan kepemilikan kartu kredit Anda yang masih berlaku untuk meningkatkan kemungkinan visa Anda diterima.

Terakhir KEDELAPAN Bawa Uang Biaya Pembuatan Visa dalam Tunai
Biaya pembuatan visa Schengen adalah 60 Euro per orang (atau sekitar Rp 990.000,-), dan harus dibayar dalam tunai dengan mata uang rupiah sesuai dengan kurs yang berlaku saat pembayaran. Jika Anda ingin mengecek status pengajuan visa denganmenggunakan layanan email atau sms, Anda bisa melakukannya dengan menambah biaya Rp 25.000,-. OK Sukese coba!

Per tanggal 1 Juli 2016, Pusat Aplikasi Visa Belanda mulai buka di 3 lokasi di Indonesia. Pusat Aplikasi Visa terletak di Jakarta, Surabaya dan Bali. Alamat lengkap Pusat Aplikasi adalah sbb;
Jakarta Kuningan City Mall 1st Floor, No L1-30-32, Jl. Prof. Dr. Satrio Kav.18, Setiabudi, kuningan Jakarta - 12940, Indonesia
Bali Benoa Square, 3rd Floor No. 14.3/A, Jl. By pass I Gusti Ngurah Rai No. 21A, Kedonganan, Kuta, Bali - 80361, Indonesia
Surabaya 15th Floor, R. 1506, Graha Pena, Jalan Ahmad Yani No. 88, Surabaya - 60234, Indonesia

1 comment:

Jual telor bebek omega asin sentul bogor

Pembuat telur bebek asin dalamnya merah. Dagang telur bebek asli asin sudah jadi sentul cibinong nanggewer bogor. Hotline WA : 085210745506 ...

SEMINGGU TERAKHIR