Tuesday 15 January 2019

Museum Shop Ratu Sirikit Bangkok Thailand

MUSIUM SHOP RATU SIRIKIT BANGKOK THAILAND

Musium ini terletak masih satu komplek dengan Grand Palace yang terkenal di Bangkok. Jadi sekalian sempatkan masuk dan berfoto di Museum Tekstil busana Ratu Sirikit. Jadi kalau kalian berkunjung ke Grand Palace Bangkok jangan lupa sempatkan waktu untuk mengunjungi Museum Queen Sirikit. 

Queen Sirikit Museum of textiles LOKASI : Ratsadakorn-bhibhathana Building, The Grand Palace, Phra Nakhon Bangkok 10200 Thailand
Museum ini terletak tepat di samping pintu masuk Grand Palace, jadi sayang sekali kalau kita melewatkan museum kecil ini. Museum Queen Sirikit dibangun oleh yayasan SUPPORT yang dikelola oleh Ratu Sirikit. Sesuai namanya, museum ini menceritakan tentang Ratu Sirikit. 

 

Ket : karena tidak boleh berfoto di dalam museum, foto-foto ini saya ambil dari website resminya di http://www.qsmtthailand.org/

Transportasi ke dan menuju ke Musium Tekstil Ratu Sirikit Bangkok

Sangat mudah sekali, Anda bisa gunakan Grab, atau Tuktuk. Menggunakan transportasi masal juga bisa namun Anda harus jalan cukup jauh ke Grand Palace, Jadi saya sarankan menggunakan Grab atau Tuktuk
Jangan lupa tawar jika menggunakan TukTuk, Anda bisa mendapatkan harga lebih murah naik TukTuk daripada naik Grab (Kecuali Anda mendapatkan kode promo dari Grab) Kode promo Grab Thailand hanya mendapatkan 3x per nomor ponsel HP atau akun Grab.

Lebih khususnya museum ini menceritakan bagaimana Ratu Sirikit mengubah image sutra Thailand yang tadinya hanya sebagai produksi lokal biasa menjadi simbol dari negara Thailand. Atas kerja keras Ratu Sirikit lah sekarang Thailand terkenal sebagi negara penghasil kain sutra yang indah.
Salah satu misi dari Queen Sirikit Museum adalah menjadi pusat pembelajaran tentang industri tekstil Thailand di masa lalu sampai sekarang. 

Industri tekstil tersebut didatangkan dari Asia Tenggara, Asia Selatan, dan Asia Timur. Tentu saja selain ketiga daerah Asia tersebut, industri tekstil yang ditampilkan lebih menekankan pada hubungan industri tekstil dan Ratu Sirikit. Lebih jelasnya, museum ini dibangun untuk menciptakan kesadaran terhadap masyarakat Thailand tentang budaya dan keindahan industry tekstil di Thailand. Misi dari museum ini, diciptakan langsung oleh Ratu Sirikit dengan bantuan Putri Mahkota Maha Chakri Sirindhom.


Ada 4 Galeri semuanya yang bisa Anda kunjungi :

Galeri 1 - Queen Sirikit Museum

Yang pertama adalah galeri yang menampilkan gaya berpakaian ratu untuk kerajaan. Dalam galeri ini kita bisa melihat berbagai macam gaya dan model yang biasa Ratu Sirikit pakai dalam acara kerajaan maupun dalam keseharian. Selain itu terdapat juga aksesoris yang digunakan oleh Ratu Sirikit untuk melengkapi gaya berpakaiannya. Pakaian ini dibuat dengan berbagai macam bahan yang unik, mulai dari sutra sampai kayu yang diolah menjadi kain yang sangat indah.
Galeri 2
Galeri kedua berisi tentang usaha ratu dalam menciptakan 8 model  pakaian khas Thailand. Galeri ini menampilkan lebih dari 30 baju khas Thailand yang biasa ratu pakai saat kunjungan ke luar negeri atau acara internasional. Proses pembuatan baju khas Thailand oleh Ratu Sirikit dimulai pada tahun 1960. Saat itu Ratu Sirikit sedang melakukan persiapan untuk menemani Raja yang akan melakukan kunjungan ke 14 negara di Amerika dan Eropa.
Usaha Ratu dalam menciptakan baju khas Thailand sangat didukung oleh Raja. Raja kemudian melakukan penelitian melalui koleksi foto dan lukisan lama tentang perempuan Thailand Penelitian tersebut dikhususkan pada pakaian yang dipakai oleh perempuan Thailand di masa lalu. Kemudian Ratu Sirikit mempercayakan kerabatnya, Thanphuying Maneerat Bunnag, bersama dengan ilmuwan dan sejarawan untuk mendesain baju khas Thailand. Kerja sama tersebut menghasilkan 8 model pakaina khas Thailand yang sekarang bisa kita lihat di Queen Sirikit Museum.
 

Galeri 3 dan 4 
Galeri ketiga dan keempat menampilkan peran yayasan SUPPORT dalam menjaga dan mempromosikan kain sutra traditional Thailand. Dalam galeri ini ditampilkan perjalanan Ratu Sirikit berkeliling Thailand, yang dimulai dari tahun 1955, untuk mengunjungi daerah yang memproduksi kain sutra. Tidak hanya sekedar berkunjung, Ratu Sirikit juga memberikan dukungan seperti bantuan dana, pelatihan-pelatihan, dan pasokan bahan kepada para pembuat kain sutra yang kebanyakan adalah perempuan. Ratu Sirikit berpendapat bahwa pembuatan kain sutra dapat menjadi sumber penghasilan kedua bagi perempuan Thailand, sekaligus melestarikan keunikan warisan budaya Thailand. 

Selain keempat galeri diatas, museum ini juga menyediakan toko souvenir khas Thailand. Toko ini menjual berbagai macam kerajinan tangan dari Yayasan Support. Sayangnya harga souvenir disini cukup mahal, namun soal kualitas memang tidak usah diragukan lagi. Setelah dilakukan renovasi, Queen Sirikit Museum ini memiliki fasilitas yang modern. Tidak hanya memajang baju-baju ratu, museum ini juga dilengkapi dengan layar dan tablet yang menyediakan informasi lengkap untuk setiap barang yang dipamerkan. Queen Sirikit Museum dibuka mulai pukul 09.00-16.30. Tiket masuknya sudah termasuk tiket Grand Palace. Tetapi kalau kita ingin mengunjungi museum ini saja, kita harus membayar 150 Baht (sekitar 57.000 rupiah). Peraturan dalam museum ini hampir sama dengan Grand Palace, harus memakai baju yang sopan dan tidak boleh berfoto di dalam gedung.


Museum ini cukup menarik untuk dinikmati, terutama bagi perempuan. Kita pasti akan terkagum-kagum dengan kemewahan dan keindahan baju yang di desain ratu. Bukan tidak mungkin mengunjungi museum ini juga bisa memberi inspirasi untuk menciptakan model pakaian baru.Disini saya bisa melihat kecintaan Ratu pada rakyatnya dan bagaimana rakyat Thailand juga sangat mencintai Ratu.
 

Menyiasati PROMO 3x dari Gab Thailand

Anda bisa menyiasati dengan menggunakan no sim card / kartu sim yang berbeda. Karena 1 akun atau 1 no ponsel mendapatkan 3x promo Grab yang berbeda. Harga promo diskon Grab Thailan bisa mencapat 30 - 40%. LUMAYAN kan.
 

1 comment:

Jual telor bebek omega asin sentul bogor

Pembuat telur bebek asin dalamnya merah. Dagang telur bebek asli asin sudah jadi sentul cibinong nanggewer bogor. Hotline WA : 085210745506 ...

SEMINGGU TERAKHIR