Tuesday 3 July 2018

Curug leuwi asih dan air terjun handeleum sentul bogor

AYO KE CURUG LEUWI ASIH dan CURUG HANDELEUM DI SENTUL BOGOR

Apa jalan jalan yang murah meriah ? adalah ke air terjun di sentul bogor

Inilah yang namanya Bogor, bisa dibilang wisata Bogor identic dengan banyaknya Curug. Lagian siapa sih yang gak suka main air? Mulai dari anak-anak sampai orang tua pasti suka bermain air apalagi air dari pegunungan yang sejuk serta pemandangan alam yang hijau membuat mata adem…
curug leuwi asih sentul, curug handeleum sentul bogor, air terjun handeleum, air terjun leuwih asih sentul. cara menuju ke sana
Curug Handeleum
Ayo kunjungi Curug Handeleum dan Leuwi Asih (satu lokasi kok ini, cuman air terjun (curug) dan kolam (leuwi) nya ada 2 nama). Curug ini masih relative baru, meski sering lewat sini kalau tapi baru kali ini sempat mampir. 

CARA MENUJU CURUG LEUWI ASIH/ HANDELEUM

Jadi buat kalian yang sudah ke Lewi Hejo/Curug Putri Kencana/Curug Love/Curug Mariuk/Curug Hordeng pastilah melewai curug ini. Jadi boleh dibilang untuk saat ini, ini adalah curug terdekat dari Bogor tepatnya Sentul City. Gak terlalu lama menemukan curug ini, dari Gerbang Jungle Land sampai pertigaan Gunung Pancar palingan 15 menit. Karena gak terlalu jauh, kamipun berangkat sehabis makan siang/zuhur.
Nah di sebelah kiri jelas terlihat spanduk besar penunjuk arah Curug Handeleum ini. Di deket spanduk dijaga pemuda setempat yang langsung cepat tanggap begitu kita mau ke curug. Mereka akan memberi tahu ada parkiran di bawah. Begitu belok kiri, jalanan akan menurun lumayan sadis, gak cukup 100 meter kita sudah ketemu dengan parkir. Di sana ada loket, tar kita bayar uang masuk Rp. 10.000 per orang dewasa dan Rp. 5.000 buat anak-anak serta Rp. 10.000 buat parkir mobil. Jadi kami saat itu bayar total Rp. 50.000.
Cara menuju ke curug air terjun Leuwi Asih curug Handeleum di sentul bogor
Tempat parker motor, ke Leuwi ambil kiri


Dari parkir kita jalan melewati jalan kampong yang di semen, dimana kiri-kanan jalan lumayan banyak rumah-rumah. Gak cukup 10 menit jalan tar kita menemukan pertigaan, ke kanan kalau mau langsung ke Curug dan kekiri ke arah sungai (aliran curug, leuwi).  Kami mengambil jalur kiri, kea rah sungai. Ke bawah kita melewati tangga-tangga yang sudah di semen, di bawah disepanjang aliran sungai kita menemukan saung-saung yang rapih yang disediakan oleh pengelola sana (penduduk setempat). Kamipun istirahat di saung yang gede, gabung dengan pengunjung lain.
Melongok ke perbukitan, terlihat terasering, sawah-sawah yang masih hijau, terlihat gubuk-gubuk di tengah persawahan, terlihat ada yang disiisi rombongan anak-anak muda yang bercengkrama dan bersenda gurau… Oh iya, kawasan ini namanya Gunung Handeleum, tapi mana gunungnya ya? hehehhe, mungkin maksudnya Bukit ...
Nah, kalau mau ke Curug, seperti yang disebutin sebelumnya, selain lewat atas, kita bisa juga lewat jalur sungai. Nah saya coba lewat jalur sungai, setelah melewati leuwi yang dangkal, kita harus melewati leuwi yang dalam (kata penjaganya sih dalamnya sekitar 3m), tapi kita bisa melewati bebatuan, tapi harus hati-hati yesss….
Stelah melewati bebatuan, kita naik ke atas melewati tangga-tangga/jalan kecil yang sudah disemen, tapi tetap hati-hati yes…
Sebelum mencapai Curug, kita akan menemui curug kecil yang jatuh ke lewi yang saya sebut tadi yang dalamnya sekitar 3m. Nah disini banyak pengunjung yang loncat-loncat dari batu besar. Nah seru kan kalau ke sini bareng temen-temen….



Curug Handeleum

Pulang lewat jalan ini
Di saung kami pesan kelapa ijo, lumayan murah, harga 1 kelapa Rp. 12.000. Oh ya, kalian jangan takut disini tersedia telolet eh toilet dan ruang ganti, cuman bayar Rp. 2.000.


Setelah puas bermain air dan ganti baju kami pun balik. Belum sempat ke mobil, tinggal sekitar 20 meter lagi hujan lebat pun turun……. Begitulah Bogor.

1 comment:

Jual telor bebek omega asin sentul bogor

Pembuat telur bebek asin dalamnya merah. Dagang telur bebek asli asin sudah jadi sentul cibinong nanggewer bogor. Hotline WA : 085210745506 ...

SEMINGGU TERAKHIR